Daftar universitas dan sekolah bisnis swasta terbaik indonesia dengan fakultas teknik dan ekonomi terbaik, biaya kuliah terjangkau, beasiswa kuliah s2 di dalam dan luar negeri 2017

Selasa, 08 November 2016

Biaya Kuliah Murah di Indonesia 2017


banyak cara untuk mendapatkan biaya kuliah murah di indonesia 2017. artikel ini akan mengulas tentang faktor faktor yang bisa membawa kamu kuliah dengan biaya yang murah.

biaya-kuliah-murah-di-indonesia-2017


Faktor Biaya Kuliah Murah di Indonesia 2017

Faktor faktor yang menyebabkan biaya kuliah murah di indonesia 2017 :
Berlakunya UKT
UKT adalah singkatan dari Uang Kuliah Tunggal, yang merupakan nama dari sebuah sistem pembayaran yang berlaku saat ini di seluruh PTN. Ketentuan ini berdasarkan Permen-dikbud No 55 Tahun 2013 pasal 1 (ayat 3), yakni: setiap mahasiswa hanya membayar satu komponen saja (bernama uang kuliah tunggal). Nah penasaran mengenai uang kuliah tunggal, yuk kita bahas pertanyaan seputar uang kuliah tunggal.

Perbedaan Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT)
1. Biaya Kuliah Tunggal/BKT adalah biaya keseluruhan operasional per-mahasiswa per-semester pada program studi.
2. Uang Kuliah Tunggal/UKT adalah biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa per semester, yang sudah disubsidi oleh pemerintah.
3. Bantuan Operasinal Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) merupakan bantuan operasional dari pemerintah kepada perguruan tinggi negeri dalam proses kegiatan belajar mengajar.
Setiap Universitas memiliki ketentuan besaran uang kuliah tunggal yang berbeda, tetapi memiliki prinsip yang sama, yakni: uang kuliah tunggal dibagi menjadi 5 tingkatan pembayaran. Uang Kuliah Tunggal hanya berlaku untuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sistem Kredit Semester atau SKS
Bagaimana dengan Perguruan Tinggi Swasta?
Untuk Perguruan Tinggi Swasta,  sistem pembayarannya berbasis Satuan SKS/ Sistem Kredit Semester, setiap kampus berbeda harga per-sistem kredit semesternya, bisa Rp.100.000,-/SKS, Rp.150.000,/SKS, atau lebih. Selain itu, Perguruan Tinggi Swasta biasanya menerapkan biaya uang gedung/uspi, dll. Besarnya uang gedung/uspi bisanya tergantung dari jalur masuk saat pendaftaran yang dipilih oleh calon mahasiswa baru. Misalnya: saat kamu mendaftar jalur masuk sejak awal pembukaan, uang gedung/uspi perguruan tinggi swasta biasanya lebih urah beberapa persen daripada dengan calon mahasiswa yang mendaftar perkuliahan di akhir pembukaan pemndaftaran. Untuk itu, ketika kamu sudah mantap dalam memilih jenis perguruan tinggi swasta, lekas daftar sejak awal, ya. Diskon uang gedung/uspi hingga beberapa persen dapat membantumu meringankan biaya pendidikan.

Namun, tak semua perguruan tinggi swasta mahal. Dan tak semua perguruan tinggi negeri itu murah. Ada plus dan minusnya tersendiri untuk biaya kuliah murah di kedua Perguruan Tinggi tersebut. Rajin-rajinlah membandingkan kedua biaya berkuliah di pendidikan swasta maupun negeri dari sumber lainnya. Biaya Kuliah Murah di Indonesia 2017.

PTN dan PTS yang memberikan biaya kuliah murah di indonesia 2017

Berikut ini merupakan contoh yang dapat disajikan mengenai Biaya Kuliah Murah di Indonesia2017 baik PTN mauapun PTN:

Universitas Diponegoro (Undip)
Mahasiswa Undip semua prodi yang masuk golongan I hanya dibebankan UKT Rp.500 ribu per semester. Sedangkan mahasiswa golongan II di semua progdi harus membayar Rp.1.000.000,-
Prodi dengan UKT tertinggi adalah Pendidikan Kedokteran. Sedangkan UKT terendah ada di Fakultas Perikanan & Ilmu Kelautan.

UKT paling tinggi di golongan III sebesar Rp.6.000.000,- dan paling rendah Rp.2.000.000,- UKT paling rendah di golongan III juga berlaku untuk semua prodi di Fakultas Ilmu Budaya.
Golongan IV UKT paling tinggi sebesar Rp10.000.000,- serta paling murah Rp.2,750.000,- Golongan V, UKT paling tinggi Rp.12.500.000,-  sedangkan paling rendah Rp. 3.500.000,-  
Pada golongan VI, UKT paling tinggi sebesar Rp. 15.000.000,- dan paling rendah Rp.4.250.000,- Dan golongan VII UKT paling tinggi Rp.19.000.000,-  serta paling rendah Rp.4.750.000,-

Untuk biaya kuliah di Perguruan Tinggi Swasta/PTS, berikut ini dapat anda pada pada website maupun ringkasan pada link berikut:
Universitas Dian Nuswantoro, Semarang


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Biaya Kuliah Murah di Indonesia 2017

1 komentar:

  1. Siapa bilang main game poker/domino susah menang ?
    Member setia kami di Jagodomino telah membuktikan diri bahwa main game poker & domino secara online bukanlah hal yang susah untuk menjadi seorang pemenang.

    Sekarang giliran anda untuk membuktikan diri bahwa anda adalah rajanya dalam permainan poker & domino. Buktikan diri anda bersama kami situs poker dan domino online terpercaya Jagodomino,com.

    Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
    * LIVECHAT Jago188(dot)net
    * PIN BBM : 2AF6F43D
    * WA : +855717086677
    * LINE : Jagodomino

    Salam Sukses Jagodomino

    BalasHapus